Get Gifs at CodemySpace.com

Selasa, 23 Juli 2013

Saat Amrih Ngambek Sama Mamel n Fair




Habibie & Ainun
Waktu itu lagi marak-maraknya peluncuran film Habibie & Ainun. Hampir semua orang, nggak anak-anak, remaja, dewasa, tua berantusias untuk menonton kisah cinta mantan presiden Indonesia ini di bioskop kesayangan masing-masing. Begitu pula dengan aku dan sahabat-sahabatku, tak ingin ketinggalan mengikuti kisan roman tersebut. Teman-teman kos mengajak nonton bareng, tapi nggak jadi-jadi karena nggak nemuin jadwal yang pas, ceileee, sok sibuk banget,hihi.. Teman-teman SIM juga ngajak nonton bareng, sms jarkom yang dikomandani Bang Rony pun meluncur ke hand phoneku. Namun, sayang seribu sayang, Bang Rony ngajaknya nggak banget milih timenya, secara aku saat itu masih di rumah, mana bisa nonton bareng?? L Untuk mengobati kekecewaan, aku dan sahabat-sahabatku (Fair, Mamel, Nisa, Mbak Ari) berencana nonton bareng kalau udah pada punya waktu luang. Kebetulan saat itu minggu-minggu penuh UKD (semacam kuis), jadi aku pun bersabar menanti para sahabat, yang penting bisa nonton bareng mereka. Tawaran teman-teman kos buat ngajak nobar lagi rela kutolak demi nobar bareng Fair, dkk.
***
Gagal Nonton
Waktu yang ditunggu datang juga. Tiba-tiba hpku berbunyi tanda sms masuk, dari Fair.

“Mak, meh nonton Habibi Ainun g? ndang cap cus, dhilit neh Mbak Ari njemput ng kosmu, pokoke kw kudu wis siap.”
Aha, akhirnyaaa,,,aku pun langsung siap-siap, mandi sore. Betapa senangnya ternyata Fair dah nyiapin semuanya, aku pun nggak mau mengecewakan. Pokoknya Mbak Ari nyampe kos aku harus dah siap.
“Assalamu’alaykum…,” Mbak Ari mengucapkan salam. Aku yang dah siap langsung menjawab salam dan mempersilahkan dia masuk.
“Lha Fair ndi mbak?”
“Fair karo Mamel mangkat dhisik, golek tiket katane.”
“Dadi durung entuk tiket??? Emang sik uman mbak? Lha Nisa?”
“Gak ngerti, makane dhewe ngko kon langsung rana. Nisa gak bisa melu.”
Hadeeehh,,,kirain tiket dah di tangan dan tinggal cap cus berangkat, ternyata Fair dan Mamel masih antre. Beberapa detik kemudian, hpku bunyi lagi. Sms dari Fair.
“Tikete entek,,,”
Hufft,,langsung kubalas, “Kirain kowe ki wis entuk tiket ngajak2 cap cus. Lha jadwale ana neh jam pira wae?”
Fair membalas dengan mengirimkan jadwal tayang Habibie Ainun. Jadwal yang tersisa hari itu cukup untuk membatalkan rencana nonton bareng. Bagaimana tidak, jika tetap memilih jadwal yang tersisa, bakalan pulang malem sekitar jam 10. Jam malam broooo… Aku pun membalas sms Fair.
“Ya wis, suk neh wae nontone, suk pesen tiket sing g nabrak wktu sholat n g luwih sk jam malem. Kw n Mamel mulih, aja nekat nonton. Jam malem, lagian kw ketua kos lho mak, eling.”
“Oke,” balasan Fair.
Aku dan Mbak Ari cukup kecewa, tapi mau bagaimana lagi, toh besok masih ada waktu lain. Akhirnya, untuk menutupi rasa malu Mbak Ari yang udah koar-koar pamer ke adik-adik kosnya kalau mau nonton Habibie Ainun, tapi gagal total, maka aku mengajak Mbak Ari makan malem di luar. Sebenarnya ini hanya alibi agar Mbak Ari kelihatan dah nonton karena pulangnya setelah Isya’, jadi dia nggak jadi malu sama adik-adik kos, hahaha, parah.
***
Sebuah Pengakuan
Beberapa minggu kemudian. Bang Rony, dkk udah nonton bareng, sebagian dari anak-anak RISTEK juga diajak. Sementara aku belum juga nonton itu film, cuma mupeng tiap Bang Rony, Krisna, Mbak Erny, dkk asik cerita tentang Habibie & Ainun. -_-
Sore itu, aku, Mamel, dan Fair sedang main di kosnya Fair. Fair lagi asik buka Fb lewat lappyku. Mamel ikut-ikutan liatin Fb Fair. Aku yang kebetulan agak malas akhirnya tiduran di samping mereka yang lagi asik berdua. Namun, sesekali aku ikutan liat Fb Fair juga, hehe. Namun, mendadak aku teringat sesuatu.
“Ayooo caaahh, kapan nonton Habibie Ainun??? Kalian wis sela ta? Aku pingin nontoooonnn… Masa durung nonton dhewe. Rony, Krisna, Mbak Erny wis padha nonton karo cah2…”
Mamel n Fair pun saling pandang satu sama lain. Hmm, kaya mau ngomong sesuatu, bikin penasaran aja.
“Mrih, aku tak ngomong yaa,,,” kata Mamel.
“Ngomong apa ta?” jawabku.
“Tapi..tapi..kowe aja nesu..”
“Iiihh, ngomong apa ta?”
Terlihat Fair pura-pura masih asik liat Fbnya, sementara Mamel mulai merangkai kata-kata.
“Sebenere aku n Fair wis nonton,,,,”
Fair mulai melirik Mamel, Mamel mulai menggigit bibir, khawatir aku marah, sementara aku??
“Apaaaaa???? Kapan??? Jangan-jangan kalian pas kae nekat tuku tiket, trs nonton, n mulih bengi tanpa ngomong aku n Mbak Ari? Jahaaaattttt…kalian jahaaatttt….” Aku mulai teriak-teriak sambil nahan sedikit bulir air di ujung mata, n langsung berbalik arah memunggungi Fair n Mamel. Nggak mau mereka liat mukaku. Entah kenapa rasanya nyeseeekkk banget denger pengakuan dari Mamel.
“Naaah, kan Amrih marah yaa, maaf Mrih,,, aduh Ir, piye ki, Amrih nesu tenan,” Mamel mulai kebingungan, minta bantuan Fair buat menjelaskan.
“Kowe si Mel, wis takandhani gak sah ngomong malaah.” Fair mulai menyalahkan Mamel.
“Mak, pas kae aku mikire wis kadhung tekan SGM, masa meh langsung mulih, wis adoh-adoh tekan kana.” Fair mulai menjelaskan.
“Tapi kan kalian wis janji gak meh nonton, wis ngerti iku mulihe bengi. Lagian aku selama iki wis ngenteni kalian, katane sik ujian akeh, ya wis tak tunggu nganti kalian kosong ben bisa nonton bareng. Tapi kalian malah tetep nekat, katane pas ng sms jawabe oke. Balik jam pira kalian pas kae? Nginep ndi kowe Mak?” jawabku panjang lebar dengan agak kesal. Masih dalam posisi memunggungi mereka.
“Nginep ning nggone Pakdhene Mamel..” jawab Fair dengan suara melemah merasa bersalah.
“Ketua kos malah kaya ngono…” jawabku agak kecewa pula. Tetap dengan posisiku yang tidak berubah.
“Ya wis, ayuuk nonton neh wae yuuk Mrih, tak pesenke tiket ya?” Mamel mencoba menengahi dan mengajakku untuk nonton lagi, berharap itu solusi yang tepat.
“Iyaa, ayoooo wis,” Fair menimpali. “Kowe ngko mbayari tiketku sik tapi ya Mel,” Fair menambahkan.
“Emoooooooooooohhhh,,, terseraaahhh…aku sebeeeellll, kalian jahaaattt,,,”aku tetap bersikeras, masih belum terima, rasanya cuma satu. Mereka tega banget. :’(
Dalam hati sebenarnya aku nggak masalah kalau harus menerima ajakan mamel, toh intinya tetep aja nonton bareng kaann?? Tapi aku masih kecewa, kenapa mereka bohong? Kenapa mereka tetep nekat nonton dan memilih pulang malam demi nonton?? Sadar nggak sih, ini itu Solo, n mereka cewek. Sebel banget… aku pun mendiamkan mereka beberapa menit, eh cukup lama ding. Tapi, lama-lama kok capek ya. Hadeeehh…
Aha!! Beberapa detik kemudian muncul ide dalam otak jahilku.
“Oke, cukup untuk marah kali ini. Rasakan kalian bakal aku kerjai, hahaha. Aku harus pura-pura marah, terus diam-diam wudhu, sholat Ashar sendiri, terus ambil lappyku dengan ketus, terus pulang sendiri, jalan kaki, kalau mereka nawarin tebengan, aku akan pura-pura nggak mau. Haduh, artinya aku harus jalan kaki dong dari kos Fair sampai kosku??? Jauuhh bangeeett,,,Oke!! Nggak apa-apa. Meski harus gengsi, sok-sok marah, dan meski harus capek nekat jalan kaki akan aku lakuin. Aku cuma ingin kalian tahu, kalau aku nggak ingin kalian kaya gitu lagi Mel, Mak. Aku nggak ingin kalian dianggap suka main nyampai malem, padahal kalian cuma nglakuin itu sekali, dan aku tahu banget kalian sebenarnya bisa jaga diri, tapi kalian harus tahu, ini Solo, bukan Jogja, atau kota lain.” batinku dalam hati, sesekali senyum sendiri membayangkan rencanaku ini. Sekali lagi masih dalam posisiku yang nggak mau mereka lihat mukaku.
Aku pun bergegas ke kamar mandi, wudhu sambil membersihkan muka yang sempet nangis, masuk kamar Fair, sholat Ashar sendiri. Nggak mau ngajak Fair jamaah. Setelah shalat, aku membereskan tasku, lalu meminta lappyku dengan muka agak ketus, merapikannya dan memasukkannya ke dalam tas. Setelah dirasa tidak ada barang yang tertinggal, aku pun bersiap menjalankan rencana selanjutnya.
“Aku mulih sik,” pamitku pada mereka dengan sangat ketus, tanpa melihat muka mereka. Langsung menuju tangga, turun, membuka pintu keluar, ambil helm yang tadi kupakai, membuka pintu gerbang kos, jalan melesat menuju kosku.
***
Perjuangan Misi
“Hufft,,amaann,,kira-kira Mamel n Fair ngikutin nggak ya??” batinku.
Beberapa detik kemudian.
“Mrih, ngko sik, takterke.” Mamel menawarkan tebengan.
Aha!! Rencanaku berjalan mulus, Mamel kebingungan ngeluarin motornya, sementara Fair masih di atas, aku ingat dia belum sholat Ashar. Alhasil mamel diminta buat nganterin aku sementara dia akan nyusul.
Aku telah keluar dari gang tempat kosnya Fair dan sudah berada di Jalan Kabut. Mamel mulai kelihatan ikut keluar dari mulut gang dengan naik Beatnya.
“Mrih, ayoo tak boncengke.”
“Emoh, ngapa ta, aku lagi pingin mlaku kok, kowe dhisik wae rana,” jawabku dengan sok cool, hihi.
“Yakin?? Adoh lho Mrih, kowe ngko kesel, ayoolaahh, tak boncengke,”
“Mbiyen juga sering mlaku sakdurunge nggawa motor, wis biasa. Rana dhisik wae, aku lagi pingin mlaku kok,”
“Mrih, kowe kok ngono taa, ayolaaahh,,,aku minta maaf, aja ngono ta..”
“Kok minta maaf? Emang kowe kenapa?” jawabku sok-sok nggak ada masalah sebelumnya, hahaha.
Mamel terus merengek, aku masih keras kepala nggak mau naik motornya, Fair masih belum keliahatan. Aku pun menyeberang, masuk gerbang belakang UNS, memilih berjalan di trotoar belakang mawa pusat. Mamel mulai kepayahan dengan sikap keras kepalaku, dia pun nyegat aku di perpotongan trotoar. Agak geli melihat tingkahnya. Coba kalian bayangkan sebuah sinetron ketika ada pasangan dimana si cewek lagi ngambek sama cowoknya, terus si cewek nggak mau diboncengin, sementara si cowok terus memohon pada si cewek, terus si cowok berinisiatif memotong jalan ceweknya itu. Naah, ibaratnya cowok itu si Mamel dan cewek itu aku, hahaha, tapi ampun deh, jangan sampai aku jadi pasangannya Mamel, wkwkwk.
Setelah memotong jalanku, akupun dengan lincah memutari motor Mamel dan berhasil melewati cegatannya melanjutkan perjalanan ke trotoar selanjutnya. Mamel tampak kepayahan, dengan sigap dia pun nekat menaiki motornya di atas trotoar yang kulalui. Busyet dah ni anak, pajuang sejati lu Mel! Hahaha.. Sementara dari belakang terlihat Fair dengan motor plat P-nya, berjalan melewati kami dan astagaaaaa,,, dia nggak ikut berhenti eh malah terus gitu aja. Dalam batin aku memaki tuh anak, nggak ada kasian-kasiannya ya ma Mamel yang lagi berjuang keras. Eh, lebih nggak kasian aku apa Fair sebenere sih?hohoho…
Bodo amat urusan Fair, aku tetap berjalan kaki sampai melewati Puskom, FMIPA, dan Mamel tetap dengan perjuangan kerasnya. :p Cuaca mendung semakin bertambah mendung. Haduh, bagaimana ini?? Kalau aku kehujanan gimana dong?? Fighting Amrih, tetap jalankan misi!! Ingat visi!!!
Sesampai di pertigaan FMIPA, FK, FP. Mamel yang masih berjuang dan aku yang masih sok cool (sebenarnya udah cukup capek jalan kaki, tapi lucu aja liat Mamel). Tiba-tiba Mamel megang lenganku, menahanku buat nggak jalan lagi dan berharap aku mau naik motor. Sementara motor lain berlalu-lalang, benar-benar seperti adegan sinetron, hadeehhh… Tapi bukan Amrih kalau nggak gesit menghindari cengkeraman tangan Mamel. Aku beruntung bisa lolos dari cengkeraman dia, posisi Mamel kan repot sambil njaga keseimbangan motornya, hihihi.
Aku melanjutkan perjalanan hingga sampai depan menwa. Gerimis kecil mulai turun, waduh! Eh, tiba-tiba dari depan kulihat motor berplat P menuju tempatku dengan pengendara berbeda. Badalaaahhh, ngapain tuh Si Fitroh, busyeett si Fair minta adik kosku buat njemput aku.
“Tetap pada visi misi Amrih,”batinku.
“Mbak Amrih aku disuruh Mbak Fair njemput Mbak Amrih, ayoo pulang,” kata Fitroh dengan polosnya.
“Gak usah dek, kowe mulih wae, aku pingin mlaku kok,” jawabku.
“Dah mau hujan lho mbak…”
“Gak papa kok, malah bisa udan-udanan, he..”
Fitroh bingung kok aku nggak mau, ya udah, dia pulang. Mamel masih di belakangku.
“Mrih, wis udan ayooo, aja ngeyel ta…” Mamel merajuk lagi.
Aku nggak menggubris mamel, aku pun menyeberang jalan depan kampus. Sampai di depan gereja, hujan turun, aku pun berteduh di Bakso Inogiri. Mamel ikut-ikutan, hahaha, tuh anak nggak kesel-keselnya ya ngikutin gue, wkwk. Hujan mulai agak reda, aku nekat jalan lagi. Mamel kebingungan aku dah beraksi lagi, sementara dia mengidupkan motornya, kehilangan jejakku. Dia sudah sampai gapura pertama menuju kosku. Tanpa dia sadari aku sebenarnya belum sampai di gapura itu, malah asik mampir warung beli jus jambu dan sosis kesukaanku. Kurang ajar banget ya aku, hehe. Ternyata Mamel sudah sampai kos, tapi akunya lum sampai, tambah bingung dia. Aku nggak berpapasan dengan mamel, gimana mau berpapasan, aku kan lewat jalan tikus tetangga kos, hehe, mana bisa motor lewat.
***
Aku Sayang Kalian
Singkat cerita aku sampai kos, Mamel juga. Aku pun tertawa puas melihat Fair dan Mamel yang cukup gondok dengan tingkahku. Sementara Mbak Woro dan Fitroh bingung dengan kami. Setelah aku jelaskan alasan kenapa aku bersikap seperti itu, Fair dan Mamel pun tetap minta maaf. Padahal sebenarnya aku nggak marah ma mereka, cuma pingin ngasih pelajaran aja. Dengan kaki yang lumayan pegel-pegel dan baju cukup basah kena air hujan aku pun maafin mereka. Fitroh dan Mbak Woro yang tahu ceritanya, cuma geleng-geleng kepala, kaya anak kecil saja. Hehehe, biarin kaya anak kecil, yang penting setelah kejadian ini, Mamel dan Fair udah nggak ngulangi lagi, Alhamdulillah, misiku berhasil. Dan Alhamdulillah lagi, aku jadi digratis Fair minum susu segar malam itu. Mamel, Mak Fair, aku itu sebenarnya sayang banget ma kaliaaaannn….
Maaf ya udah ngerjain kalian, terutama buat Mamel yang dah berjuang ekstra. Salut banget Mel ma ketulusan kamu, simbokku…. J J J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sahabat memberikan saran,komentar, ataupun kritik. Namun, ingat yaaa, tetap jaga kesopanan ^_^