Get Gifs at CodemySpace.com

Rabu, 10 Juli 2013

Ahlan Wa Sahlan Ramadhan 1434 H



Alhamdulillaahirobbil’aalamiin…

Yaa Rabb, rasa syukur yang tak terkira kala Engkau masih memberikan hamba kesempatan untuk merasakan indahnya malam pertama bulan Ramadhan tahun ini. Setelah beberapa hari terakhir ini saya was-was membayangkan bisakah mengikuti jamaah tarawih perdana di masjid kampus Nurul Huda (NH) UNS, akhirnya Engkau memberi kesempatan itu pada saya. Berangkat dari kos dengan niat dan semangat yang Insya Allah tulus, jamaah sholat Isya’ dan sholat Tarawih tadi malam berjalan dengan lancar, khusyu’, dan khidmat. Alunan ayat Al Qur’an yang dilantunkan oleh salah satu mahasiswa Sastra Arab angkatan 2012 kontan membuat bulir air mata saya tak tertahan lagi untuk menetes membasahi pipi.
Subhanallah, nikmat yang sungguh membuat saya terharu. Ketika lantunan ayat suci Al Qur’an tadi dibacakan dengan tartil yang sangat indah, entah mengapa, saya teringat pada Bapak Ibu, keluarga, teman-teman, juga dosa-dosa yang telah saya lakukan selama ini. Allah Maha Rahmaan, Maha Rohiim, setelah apa yang saya lakukan selama ini, Ia tetap tak henti-hentinya memberikan nikmat yang begitu hebat. Astaghfirullahal ‘adziim…ampuni hamba Yaa Rabb, terimalah amal ibadah hamba selama ini, terimalah puasa kami, semoga hamba bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan bukan menjadi pribadi yang merugi, aamiin…

Jamaah sholat Tarawih di maskam NH UNS tadi malam cukup banyak meskipun banyak mahasiswa yang sedang menikmati puasa perdana di rumah sekalian liburan akhir semester. Sholat Tarawih dilaksanakan sebanyak 8 rokaat ditambah 3 rokaat sholat Witir. Adapun ceramah sebelum dilaksanakannya Tarawih disampaikan oleh Ustadz Syafi’I, beliau adalah salah satu dosen dari fakultas teknik UNS. Dalam ceramah yang beliau sampaikan, saya menangkap beberapa point penting, diantaranya :

·         Tujuan dari puasa Ramadhan adalah agar kita menjadi orang-orang yang bertaqwa.
·         Melalui shaum/puasa, akan mengantarkan kita menjadi orang-orang yang berkarakter, yaitu orang yang memiliki hubungan baik kepada ALLAH SWT juga memiliki hubungan baik kepada sesama manusia.
·         Manfaat dari shaum Ramadhan diantaranya :
1.    Shaum mengantarkan kita menjadi orang-orang yang ikhlas
2.    Shaum mengantarkan kita menjadi orang-orang yang jujur.
Q.S. Hadid : 4 à dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada
3.    Shaum mengantarkan kita menjadi orang-orang yang senantiasa bersabar.
Q.S. Al Imran : 200 à bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu
4.    Shaum mengantarkan kita menjadi orang-orang yang bekerja keras
Ingat!! Perang Badar juga terjadi saat bulan Ramadhan.

Itulah sepenggal tausyah yang saya dapatkan tadi malam, semoga bermanfaat untuk teman-teman.

IKHLAS, JUJUR, SABAR, KERJA KERAS

Meskipun hari ini tidak diperkenankan untuk merasakan nikmatnya puasa perdana di Ramadhan tahun ini, berilah hamba kekuatan untuk bisa mencapai target Ramadhan hamba Yaa Rabb,,,

Ramadhan Mubarrak, Marhaban Yaa Ramadhan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sahabat memberikan saran,komentar, ataupun kritik. Namun, ingat yaaa, tetap jaga kesopanan ^_^