Get Gifs at CodemySpace.com

Rabu, 27 November 2013

Aku Untuk Mereka… #1

Kepulanganku kali ini benar-benar terasa bahwa aku untuk mereka. Aku memang bagian dari mereka, ini tak bisa dipungkiri. Namun, selama ini, aku merasa bahwa aku telah cukup mengabaikan mereka. Aku yang seakan-akan terlalu sibuk, sok sibuk lebih tepatnya, telah mengabaikan beberapa hak mereka dariku.
Hampir setiap hari aku berkomunikasi dengan teman-temanku, tetapi tak setiap hari aku berkomunikasi dengan mereka. Dengan bapak, ibu, juga kakakkku. Oleh karena itu, aku ingin kepulanganku kali ini, aku niatkan untuk menghabiskan waktu bersama mereka.

Sabtu, 23 November 2013
Kereta prameks yang aku naiki sebentar lagi menghentikan lajunya di pemberhentian terakhir. Stasiun Kutoarjo, stasiun yang selama 5 tahun ini menjadi saksi kisah perjalanan hidupku, lagi-lagi menjadi saksi kisahku yang satu ini. Waktu menunjukkan hampir pukul 8 pagi, akhirnya ular besi ini merapatkan diri di stasiun Kutoarjo. Aku pun turun dan seperti biasa berjalan menuju pintu keluar. Ketika biasanya aku masih harus berjalan menuju terminal untuk mencari minibus, kini aku berjalan menuju sosok muslimah yang sudah duduk di motor yang terparkir di depan kantor pos. Ya, dia adalah Mbak Woro, kakakku yang kedua. Kebetulan Mbak Woro yang sedang menempuh S2 di IPB juga pulang dikarenakan ada acara di UNNES Sabtu siang hingga besok Minggu. Motor kami pun melaju menuju Sumber Alam Center, aku menemani Mbak Woro membeli tiket shuttle tujuan Semarang untuk pemberangkatan pukul 12 siang ini. Alhamdulillah, ternyata shuttle ada di setiap jamnya, sehingga Mbak Woro disarankan untuk membeli tiket ketika shuttle sudah akan berangkat. Selanjutnya Mbak Woro memintaku untuk menemani membeli sepatu di pasar Kutoarjo karena saat di UNNES nanti Mbak Woro diminta untuk mengisi sebuah acara yang diselenggarakan oleh MITI. Aku pun mengiyakan, sekalian jalan-jalan, he.. Tiba di pasar, setelah memilih dan memilah sepatu yang dirasa cocok, baik di toko A, toko B, maupun C, akhirnya telah diputuskan untuk memilih sepatu ‘X’. Kami pun segera pulang menuju rumah.
Tiba di rumah tercinta, di sana telah ada 3 tukang yang sedang ‘mengerjakan’ rumah kami, juga ada Mbak Sri, isteri dari mas sepupuku. Aku pun melepaskan lelah selama perjalanan tadi dengan bersantai-santai sambil menonton TV. Waktu menunjukkan pukul 10.30, untuk makan siang belum ada sayur. Akhirnya aku dan Mbak Woro berbelanja sayuran di tempat biasa kami belanja. Siang ini kami ingin masak sayur asam. Sayuran dan lauk telah dibeli, lalu aku, Mbak Woro, dan Mbak Sri memasak sayur asam bersama-sama. Pukul 11.30 masakan telah matang, Mbak Woro makan terlebih dahulu karena pukul 12.00 dia harus sudah ada di Sumber Alam Center (SAC). Setelah Mbak Woro makan, aku pun mengantarkan Mbak Woro kembali menuju SAC.
Sepulang dari mengantarkan Mbak Woro, aku berencana untuk menjemput Bapak di sekolah karena motor yang biasa dipakai Bapak kini aku pakai. Sambil menunggu sms Bapak, aku sholat dhuhur. Ibu telah pulang dari sekolah tempat beliau mengajar, tidak berapa lama kemudian terdengar sms dari Bapak untuk minta dijemput. Aku segera meluncur membawa motor menuju tempat Bapak mengajar. Hmm, senang sekali rasanya, jarang sekali aku menjemput Bapak di sekolah. Aku benar-banar menikmati perjalanan pulang dari menjemput Bapak. Sempat terbayang bahwa sebentar lagi Bapak akan pensiun, bisa jadi aku sudah tidak memiliki kesempatan lagi untuk menikmati momen seperti ini. Ahh, sedih….
Sesampai di rumah, setelah Bapak melaksanakan sholat dhuhur, kami bertiga makan siang bersama menikmati sayur asam yang telah terhidangkan di meja makan. Saat-saat seperti ini merupakan saat yang sangat dirindukan, karena setelah makan, aku biasa bercerita bersama ibu ataupun bapak. Cerita apapun itu, ah, kebersamaan ini begitu hangat. Aku masih bercerita bersama ibu di meja makan, tetapi Bapak telah sibuk dengan urusannya di kolam ikan samping rumah. Dari jendela ruang makan, kulihat Bapak sedang asik mengambil daging keong emas hasil buruannya kemarin sore. Daging keong ini akan dijadikan untuk pakan lele dan sebagian diberikan untuk Kuku. Aku tertarik sekali untuk membantu aktivitas Bapak yang satu ini. Aku pun langsung menuju samping rumah, mendekati Bapak dan ikut memecah keong emas yang sebelumnya telah direbus oleh Bapak. Asik sekali aktivitas ini, jadi teringat sate keong favoritku yang sering dijual di warung HIK. Ibu yang tertarik melihat keasikan aku dan Bapak akhirnya ikut mendekati kami, tetapi beliau hanya duduk menemani kami berdua sambil mengobrol banyak hal. Satu ember daging keong emas telah selesai dipisahkan dari cangkangnya. Dengan penuh semangat aku segera membawa ember tersebut mendekati kolam ikan lele. Kata Bapak dan Ibu, cukup ikan lele saja yang diberi pakan daging keong, sementara ikan gurameh dan ikan nila tidak perlu diberi karena kedua jenis ikan itu tidak suka. Sebelum semua isi ember aku tumpahkan ke dalam kolam lele, tak lupa aku menyisihkan sebagian untuk kuberikan pada kura-kuraku tersayang.
Memberi makan lele sudah selesai, saatnya berpindah menuju akuarium Si Kuku. Masya Allah, malangnya kura-kuraku, cangkangnya penuh lumut, air akuariumnya juga sudah hijau keruh. Hmm, saatnya menguras kalau sudah seperti ini. Aku dan Ibu bekerja bersama-sama untuk menguras akuarium berukuran 90*50*50 ini. Namun, tiba-tiba kami berdua bingung bagaimana caranya membuang air yang cukup banyak dan kotor dari akuarium yang cukup gedhe ini. Teringat kebiasaan Bapak yang selalu mengeluarkan air ketika menguras hanya dengan menggunakan selang sepanjang 1,5 meter. Hmm, aku pun mengambil selang tersebut, tetapi langkah selanjutnya terhenti karena kami berdua bingung bagaimana cara memanfaatkan selang ini. Aku dan Ibu bingung dan hanya tertawa menertawakan betapa bodohnya kami, betapa memalukannya kami. Kalau seperti ini saja tidak bisa, sebenarnya bagaimana nilai Fisika kami dulu??Duhh, malunya,,, Akhirnya dengan sangat terpaksa, aku pun memanggil Bapak untuk meminta bantuan beliau. Dengan sangat cekatan dan begitu cepat, akhirnya air hijau dari dalam kolam mengalir keluar begitu saja dari akuarium. Aku dan Ibu hanya ketawa-ketiwi mengingat kepayahan kami. Setelah air terkuras, segera aku menyikat akuarium, Bapak menyikat cangkang Kuku yang sudah penuh dengan lumut. Sementara Ibu entah sedang menemui kakak-kakak sepupuku yang sedang main ke rumah. Kini Kuku telah bersih, telah gagah lagi, rumahnya pun telah bersih. Daging keongpun segera kuberikan lagi kepada Kuku, tetapi sepertinya dia sudah cukup kenyang.
Waktu hampir maghrib, aku segera mandi dan melaksanakan sholat maghrib. Begitu juga dengan Bapak dan Ibu. Sebenarnya setelah sholat maghrib, aku dan Ibu berencana menjenguk kakak sepupuku yang dikabarkan sedang sakit, tetapi akhirnya batal dikarenakan Ibu menemani Bapak periksa ke PKU Kutoarjo. Bapak merasa badannya pegal-pegal, mungkin disebabkan karena asam urat, juga karena faktor umur. Akhirnya aku menunggu di rumah sendiri hingga waktu Isya’. Setelah makan malam, Bapak minum obat lalu tertidur. Sementara itu, aku dan Ibu menonton televisi sambil bercerita lagi. Ya, lagi-lagi kami bercerita. Itulah hal yang selalu aku rindukan ketika pulang. Bercerita hal apapun bersama Ibu. Mulai dari cerita kakak-kakakku, keponakan, bapak, ibu, aku, saudara dekat, teman-teman, tetangga, murid-muridnya ibu, murid lesku, teman-teman ibu, seputar pendidikan di sekolah, tentang guru, tentang Indonesia, tentang media, artis, tentang guru ngaji, tentang masa depan, tentang rumah, tentang masa tua, dan segala hal yang tiba-tiba terlintas dalam pikiran kami. Kami bercerita hingga kami tertidur. Ya, tanpa kami sadari, aku telah bercerita bersama ibu hingga tengah malam, tanpa kami sadari, waktu telah menunjukkan pukul 01.00. Satu hari ini, aku benar-benar telah bersama mereka. Ya Allah, meski tugas kuliahku taksempat kusenggol, tapi izinkanlah waktu yang kugunakan untuk bersama orang-orang yang kucintai ini menjadi waktu yang Engkau berkahi, yang Engkau ridhoi. Aku hanya ingin mereka bahagia dengan adanya diriku. Terima kasih untuk keluarga yang Engkau titipkan untuk kujaga, semoga aku bisa menjaga titipanMu Yaa Rabb…